Kamis, 21 Februari 2013

Mesin selep sandal

Sebagian dari agan agan mungkin ada yang pernah tanya tanya dalam hati tentang pingiran pada sandal kok bisa halus? bagaimana cara menghaluskannya ya? apakah digosok gosok pakai ampelas? Gambar dibawah akan memperlihatkan ternyata untuk menghaluskan atau finishing sandal ada alat dan mesinnya juga.

Alat untuk finishing sandal ini namanya mesin selep, pada prinsipnya seperti gerinda. Mata gerinda harus berputar cepat sehingga dibutuhkan motor listrik untuk memutarnya karena untuk memutar dengan cepat tidak bisa dilakukan secara manual ( dengan cara dipedal kalau pada mesin pengilingan padi yang sederhana ).

Guna memudahkan pemegangan sandal maka dibutuhkan meja, posisi motor diatur porosnya berdiri secara vertikal dengan papan meja. Ketinggian meja dibuat sekitar 40 centimeter dimaksudkan agar operator atau pekerja bisa duduk dikursi dan tangannya mudah menjangkau dan mengambil sandal yang akan diselep. Lokasi sandal yang telah diselep tidak perlu diperhitungkan karena biasanya sandal yang sudah diselep bisa langsung dilempar oleh pekerja di dalam keranjang yang sudah disiapkan.

Pada waktu proses selep sandal akan menghasilkan debu eva yang mudah berterbangan dan bisa menyebabkan polusi dan mengganggu kesehatan. Untuk menghindari itu mesin selep ini dilengkapi blower untuk menyedot debu. Kipas penyedot debu ini digabungkan dengan poros mata gerinda tadi. Dengan sistem ini motor otomatis memutar mata gerindan dan kipas blower. Keluar dari kipas blower ditampung dalam kantong sederhana yang terbuat dari kain. Pada proses penyelepan kantong penampung debu akan mengelembung karena tekanan udara dan akan menampung debu eva ini.

untuk agan agan yang ingin membuat sandal kami bisa membantu mendapatkannya, apabila ingin kerjasama dalam produksi dan pemasarannya dengan senang hati kami akan membatu.
Buat agan agan yang ingin atau sudah berwirausaha dibidang sandal dapat order produknya dengan klik www.barutino.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar